Tafakur (Berpikir) Menggunakan Akal

8:47 AM


Blogkmp.net
- Akal pikiran sangat penting bagi hidup manusia. Sebelum melakukan sesuatu, manusia diwajibkan untuk berpikir terlebih dahulu. Agar apa yang diperbuat tidak salah. Menurut Buya Hamka dalam kitab falsafah hidup, Agama Islam sangat menghormati akal pikiran. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Takmir Masjid Perak Jindar Fatoni dalam Kultum Shubuh, Selasa (19/07/2022) di Masjid Perak, Kotagede.

Jindar Fatoni menjelaskan, banyak ayat Al-Qur'an yang terkait dengan berpikir menggunakan akal. "Menurut Agus Purwanto (Guru Besar Fisika dan juga Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah), terdapat 49 ayat dalam Al-Qur'an terkait berpikir dan 800 ayat tentang objek Berpikir." terangnya.

Ayat yang memotivasi berpikir sangat banyak (afala ta'qilun, afala ta'malun). Pengajian yang membahas ayat-ayat Al-Qur'an juga ada di Masjid Perak. "Di Masjid Perak juga ada pengajian bersama Bapak Ridho Hisyam yang memikirkan ayat-ayat Al-Quran." jelasnya.

Ayat-ayat dalam Al-Qur'an sangat relevan dengan ilmu pengetahuan. Jindar Fatoni menambahkan, hasil pemikiran ayat-ayat qauniyah (tentang alam semesta) dapat menghasilkan ilmu pengetahuan. Bahkan pemikir-pemikir Islam di zaman dahulu merupakan ahli ibadah.


Reporter: Akhmad Immaduddin

Penulis: Wawan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon