Masjid Perak Kotagede Akan Adakan Shalat Gerhana Matahari

1:00 PM
blogkmp.net - Fenomena alam langka gerhana matahari total diperkirakan akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebut peristiwa ini istimewa, sebab untuk wilayah daratan, hanya Indonesia yang dilewati.

“Istimewa karena, untuk wilayah daratan, hanya Indonesia yang bisa lihat, selebihnya Lautan Hindia dan Pasifik,” kata Kepala Lapan Thomas Djamaluddin. (Tempo.co)

Gerhana matahari total ini dapat disaksikan dengan jelas di 12 Provinsi di Idonesia. Untuk Indonesia bagian barat, puncak gerhana terjadi pada pukul 07.20 WIB. Untuk wilayah Indonesia tengah puncak gerhana terjadi pada pukul 08.35 WITA. Sedangkan untuk Indonesia bagian timur, puncak gerhana terjadi pada pukul 09.50 WIT.

Menyambut peristiwa alam tersebut, Takmir Masjid Perak Insya Allah akan menyelenggarakan jama'ah shalat kusuf atau shalat gerhana pada hari Rabu (9 Maret 2016), jam 07.00 WIB (dalam konfirmasi, sesuai jam terjadinya gerhana), dengan imam Ustadz Fakhrudin.

Shalat gerhana merupakan ibadah sunnah yang dikerjakan ketika terjadi peristiwa alam gerhana matahari maupun gerhana bulan, baik sebagian atau total.

Mengenai hukum, dan keutamaan shalat kusuf atau shalat gerhana serta tata caranya dapat di baca pada artikel berikut : Hukum Dan Keutamaan Shalat Gerhana.

Peristiwa gerhana matahari total ini sebelumnya juga pernah terjadi di Indonesia pada tahun 1983, 1988, dan 1995. Dan diperkirakan akan terjadi lagi pada tahun 2023.

Takmir Masjid Perak mengundang kaum Muslimin di Kotagede dan sekitarnya untuk dapat hadir melaksanakan shalat gerhana tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Komentar:

Write Komentar
March 9, 2016 at 12:47 PM delete

mari semua sholat dan intropeksi diri sendiri. supaya bisa menjadi manusia yg lebih baik

Reply
avatar

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon