Muncul Ide Ketika Shalat Itu Petunjuk Atau Godaan?

2:45 PM
blogkmp.net - Sering kali ketika kita sedang menemui kesulitan dalam belajar, mengerjakan tugas, bekerja, atau terlupa akan sesuatu, kemudian ketika kita sedang shalat tetiba kita merasa seperti mendapat petunjuk penting tentang hal-hal tersebut.

Apakah petunjuk yang kita peroleh ketika mengerjakan shalat ini merupakan petunjuk dari Allah atau malah godaan dari syaitan untuk mengganggu kekhusyu'an shalat kita?

"Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, yaitu orang yang khusyuk dalam sholatnya." (QS Al-Mukminun ayat 1-2)

Khusyu' dapat diartikan dengan konsentrasi dan fokus dengan apa yang sedang kita kerjakan. Khusyu' dalam shalat berarti benar-benar melaksanakan shalat tidak hanya menggugurkan kewajiban shalat dengan mengerjakan gerakan-gerakan shalat, tetapi juga dengan menghadirkan jiwa dan pikiran secara sungguh-sungguh dalam mengerjakannya.

Takmir Masjid Perak Akan Gelar Shalat Gerhana

Shalat yang khusyu' bukan berarti shalat dengan memejamkan mata, dan menutup rapat telinga sehingga tidak melihat dan tidak mendengar suara-suara di sekitar. Tetapi dengan benar-benar menyadari dan memahami serta menghayati setiap gerakan dan bacaan shalat dengan sungguh-sungguh.

Ustadz Ali Yusuf dalam kajian senin malam AMM bertema shalat khusyu' di Masjid Perak, Senin (7/3) menjelaskan, untuk mencapai shalat yang khusyu' diperlukan niat serta konsentrasi yang kuat, kemudian mengerjakan shalat dengan tumaninah, tidak tergesa-gesa.

Lebih lanjut Ustadz Ali menerangkan, untuk mampu khusyu' dalam shalat diperlukan latihan dan usaha yang terus menerus dan tentunya diiringi dengan doa kepada Allah mengharap dikaruniai kekhusyu'an dalam shalat.

Kembali ke masalah munculnya ide ketika kita sedang menjalankan shalat, apakah hal tersebut merupakan petunjuk dan kemudahan yang datang dari Allah, ataukah itu godaan dari syaitan untuk mengganggu shalat kita?

Ustadz Ali Yusuf menjelaskan munculnya ide tersebut karena kita melamun dalam shalat. Secara jasmani kita memang sedang melakukan gerakan shalat, tetapi pikiran kita berada di tempat lain atau memikirkan pekerjaan yang kita tinggalkan tadi.

Munculnya ide tersebut menyebabkan pikiran kita justru semakin jauh meninggalkan shalat kita, sehingga kita pun tidak mencapai level kemuliaan manusia yang tertinggi, yaitu orang-orang yang beriman yang khusyu' dalam shalatnya.

Wallahua'lam bisshawaab, semoga Allah berkenan menganugerahi kita kekhusyu'an dalam shalat, sehingga shalat yang setiap hari kita kerjakan bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon