Bunuh Diri adalah Kesengsaraan Dunia-Akhirat

8:27 AM

Satu minggu terakhir ini di Jogjakarta khususnya, sering terjadi tindakan bunuh diri dengan cara menabrakan diri pada kereta api. Bunuh diri adalah suatu usaha secara sengaja untuk menghilangkan nyawanya sendiri, baik dilakukannya sendiri maupun dengan bantuan orang lain. Bunuh diri dilakukan karena putus asa dalam menjalani kehidupan didunia ini dan beranggapan bahwa apabila dia mati maka masalah tersebut akan selesai. Motif bunuh diri paling sering terjadi yaitu karena himpitan ekonomi, patah hati, dan tekanan lingkungan.


Padahal bunuh diri adalah tindakan yang sangat tercela dan merugikan diri sendiri. Hidup dan mati seseorang sudah digariskan oleh Allah SWT. Nyawa hanyalah titipan dari Allah SWT yang harus kita jaga. Maka dari itu Islam sangat melarang seseorang melakukan  bunuh diri dengan alasan apapun. Berikut ini adalah firman Allah dalam Al-Qur’an dan Hadist yang jelas melarang tindakan bunuh diri.

(An-Nisa' : 29)
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu." 

(QS. Al-Kahfi ; 6)
"Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati sesudah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al Qur'an)." 

HR. Muslim
(Shahih Muslim) Dari Abu Hurairah ra, katanya Rasulullah saw., bersabda : “Siapa yang bunuh diri dengan senjata tajam, maka senjata itu akan ditusuk-tusukannya sendiri dengan tangannya ke perutnya di neraka untuk selama-lamanya; dan siapa yang bunuh diri dengan racun, maka dia akan meminumnya pula sedikit demi sedikit nanti di neraka, untuk selama-lamanya; dan siapa yang bunuh diri dengan menjatuhkan diri dari gunung, maka dia akan menjatuhkan dirinya pula nanti (berulang-ulang) ke neraka, untuk selama-lamanya.”

Janganlah sekali-kali berpikiran untuk melakukan bunuh diri. Bunuh diri tidak akan menghilangkan masalah didunia, namun malah akan menambah masalah diakhirat kelak. Karena siapa yang melakukan bunuh diri, maka dia sudah keluar dari golongan orang-orang penghuni surga. Hindarilah pikiran untuk mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri. Pertebal keimanan kita kepada Allah SWT, banyaklah berdzikir dan berdoa, maka kita akan selalu merasakan kasih sayang Allah SWT kepada hamba-Nya. Semua orang hidup pasti akan memiliki masalah, cobaan dan ujian yang berbeda-beda. Namun percayalah pada diri sendiri bahwa kita mampu menyelesaikan masalah tersebut, tanpa harus lari dari itu semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Komentar:

Write Komentar

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon