Takmir - KMP Kolaborasi Bentuk Tim Penulisan Sejarah Pembangunan Kembali Masjid Perak

2:41 PM
Rapat Pembentukan Panitia Penulisan Sejarah Pembangunan Kembali Masjid Perak
Rapat Pembentukan Panitia
Masjid Perak adalah salah satu masjid bersejarah di Kotagede, selain dari fakta sejarah bahwa masjid ini adalah masjid tertua kedua di Kotagede setelah Masjid Besar Mataram, adalah bahwa masjid ini juga merupakan tonggak sejarah perjuangan penegakan dan pemurnian Islam di Kotagede, termasuk sejarah perjuangan Muhammadiyah di Kotagede.

Masjid yang dibangun pada tahun 1937-1939 dan resmi mulai digunakan pada tahun 1940 ini pernah mengalami kerusakan struktur bangunan pada peristiwa gempa bumi Jogja 27 Mei 2006. (Baca : Sejarah Dan Perjalanan Masjid Perak Kotagede)

Meskipun kerusakan yang timbul tidak serta merta menghentikan segala kegiatan peribadatan maupun kegiatan lainnya di Masjid Perak, namun dampak dari kerusakan tersebut cukup mengganggu dan menimbulkan rasa was-was diantara jama'ah jika secara tiba-tiba bangunan masjid yang retak kemudian ambruk.

Sebagai upaya  perbaikan, serta peningkatan fungsi dan manfaat Masjid Perak bagi umat secara lebih luas, maka Takmir pada saat itu kemudian memutuskan membongkar total bangunan masjid untuk dibangun kembali dengan struktur yang lebih kokoh serta dengan penambahan beberapa fasilitas baru.

Dalam proses pembangunan yang menghabiskan dana tidak kurang dari 2 milyar yang dihimpun secara swadaya oleh Takmir Masjid Perak beserta warga jama'ah dan para donatur yang tersebar sampai ke luar kota ini tidak lepas dari berbagai gejolak termasuk pro dan kontra.

Menilik sejarah perjalanan Masjid Perak tersebut kemudian Takmir Masjid Perak atas gagasan salah satu sesepuh masjid, Bapak H. Jamal Nawawi berniat membukukan sejarah perjalanan pembangunan kembali Masjid Perak sekaligus sebagai penyempurna buku sejarah berdirinya Masjid Perak yang sudah terlebih dahulu ditulis.

Jum'at (15/03/2013), bertempat di ruang lantai dua serambi selatan Masjid Perak, rapat persiapan pembentukan tim penulisan sejarah pembangunan kembali Masjid Perak yang dipimpin oleh Ketua Umum Takmir terpilih Bpk, H. Kamali Anwar dihadiri oleh Ketua Umum KMP Muhammad Budi Setiawan, Dewan Penasehat KMP Hendriyanto Zaki Nur Rahmat, redaksi blogkmp Adin Darmawan, dan Pimpinan Ormas Wahter Ferdian Yudha Pratama.

Dalam rapat yang berlansung kurang lebih satu jam tersebut Pak Kamali menyampaikan niat Takmir untuk membukukan sejarah pembangunan kembali Masjid Perak dengan membentuk tim yang terdiri dari anak-anak muda KMP. Nama-nama calon anggota tim diambil dari perwakilan Takmir Masjid Perak, alumni dan senior KMP, hingga pengurus KMP periode saat ini (2012-2015).

Rapat Pembukuan Sejarah Masjid Perak
Pembacaan Hasil Putusan Rapat
Rapat Pembukuan Sejarah Masjid Perak
Peserta rapat meninggalkan ruang sidang
Menurut Hendriyanto Zaki Nur Rahmat, kegiatan ini sekaligus dapat menjadi sarana belajar ilmu jurnalistik dan sarana sharing ilmu dan pengalaman dari senior KMP yang sudah berpengalaman kepada adik-adiknya. Sedangkan menurut Adin Darmawan kegiatan ini juga bermanfaat sekali sebagai sarana berkumpul kembali atau reuni antara alumni KMP atau orang-orang yang dulu pernah aktif di KMP dengan pengurus KMP saat ini karena banyak diantara pengurus muda KMP yang belum kenal dengan para pendahulunya.

Lebih jauh, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi pemicu untuk meneruskan proyek penyusunan sejarah berdirinya Komariyah Masjid Perak sejak berdirinya hingga saat ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon