Kelebihan Wordpress Dibanding Blogspot

2:37 PM
Workshop Marketing Online PMKG 2013
Wordpress adalah salah satu dari sekian banyak CMS (Content Management System) atau software yang dapat digunakan untuk memanipulasi atau menambahkan konten web/blog yang paling populer dan banyak digunakan oleh blogger di dunia untuk membangun website atau blog. Wordpress adalah CMS open source, sehingga kita dapat dengan bebas mengutak-atik atau mengembangkan script wordpress tersebut dengan gratis untuk membangun situs web/blog sesuai dengan keinginan kita, tentunya jika kita sudah memiliki pengetahuan mengenai bahasa pemrograman web seperti PHP, HTML, dll.


Beberapa diantara kelebihan wordpress dibandingkan dengan blogspot adalah: 
  1. Wordpress dapat digunakan secara offline, kita dapat mengutak-atik script/template wordpress dalam mode offline (dengan dukungan software tertentu) sehingga pengunjung tidak terganggu dengan error yang mungkin terjadi ketika kita melakukan perubahan, setelah perubahan sudah sempurna baru kita unggah ke situs onlinenya.
  2. Dukungan plugin banyak, jika dalam blogspot untuk menambahkan fungsi-fungsi tertentu kita terkadang harus melakukan perubahan pada script html secara manual, maka di wordpress ada ribuan plugin yang dapat kita install secara otomatis untuk memaksimalkan web/blog wordpress kita.
  3. Permalink SEO Friendly, permalink atau permanent link adalah bentuk url dari artikel atau page yang kita buat, di wordpress kita dapat mengatur format penulisan permalink sesuka hati, sedangkan permalink blogspot sampai saat ini masih terlalu panjang dengan menyertakan tahun dan bulan publish artikel yang menjadikan terlalu panjang.
  4. Pilihan template melimpah, seperti halnya blogspot, kita dapat dengan mudah menemukan situs-situs pihak ketiga penyedia template wordpress baik yang gratis (free) maupun yang berbayar (premium).
Demikian beberapa perbandingan kelebihan wordpress dibanding blogspot yang disampaikan oleh pemateri Workshop Marketing Online Pemuda Muhammadiyah Kotagede, Eko Mardiyono dalam materi Wordpress pada pertemuan ke-2 kemarin (Ahad, 27/01/2013). Peserta workshop dipekenalkan segala sesuatu mengenai Wordpress, mulai dari cara membuat blog, setting, hingga posting artikel, sebagaimana dalam pertemuan sebelumnya peserta sudah diperkenalkan dengan blogspot.

Workshop Marketing Online Pemuda Muhammadiyah Kotagede rangkaian ke-3 Insya Allah akan dilaksanakan pada hari Ahad (03/02/2013) ditempat dan jam yang sama, yaitu di gedung SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta mulai jam 09.00-13.00 dengan diselingi shalat Dhuhur berjama'ah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon