Bolehkah Qurban Dengan Atas Nama Lembaga?

1:54 PM
Pertanyaan : Assalammu'alaikum, saya mau tanya, sahkah Qurban dengan mengatasnamakan lembaga? karena hal ini banyak terjadi, qurban dengan atas nama organisasi, perusahaan, instansi, atau komunitas tertentu, dimana uang yang digunakan untuk membeli hewan qurban ada yang berasal dari patungan anggotanya, ada pula yang dari kas.


Jawaban :

Qurban adalah ibadah yang disyariatkan dengan pemberian nama shohibul qurban. Satu ekor kambing untuk 1 (satu) sohibul qurban dan satu ekor sapi untuk maksimal 7 (tujuh) shohibul qurban.

Apabila lembaga atau kelompok yang anggotanya misal terdiri dari 20 orang mengumpulkan uang untuk membeli kambing misalkan. Maka hewan tersebut agar diberi nama shohibul qurban (menghadiahkan hewan qurban untuk salah satu orang sebagai shohibul) ditambah shohibul qurban tersebut juga mengucapkan niat saat menyerahkan hewan dengan ucapan saya qurban untuk diri saya dan lembaga tadi yang mengumpulkan uang. Sehingga secara syariat, ibadah qurban terpenuhi dengan adanya shohibul qurban untuk kambing 1 orang dan untuk sapi maksimal 7 orang.

Sedangkan urusan pahala itu adalah hak Allah. Nama yang dicantumkan sebagai shohibul mendapat pahala karena menjalankan syariat. Anggota lembaga yang mengumpulkan uang dapat pahala dari uang yang dikumpulkannya. 

Bahkan bisa saja pahala para anggota yang mengumpulkan uang lebih besar, karena sedang menjalani hakikat qurban untuk berbagi kebahagiaan dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah. 

Wallahua'lam

Dijawab oleh : Ust. Imam Wicaksono, Lc (Pengasuh program "Nyunnah Malem Jum'at" Pemuda Muhammadiyah Kotagede)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon