Kaleidoskop Akhir Tahun Blogkmp 2015

9:12 AM
blogkmp.net - Berbagai peristiwa penting mewarnai dinamika perjalanan Komariyah Masjid Perak sepanjang tahun 2015. Dimulai dengan Musker yang menandai berakhirnya masa jabatan Muhammad Budi Setiawan sebagai ketua umum KMP, penyusunan AD ART yang pertama kali dilakukan oleh KMP, hingga disusul oleh persitiwa-peristiwa penting lainnya.


Blogkmp.net sebagai media resmi KMP telah mendokumentasikan sejumlah peristiwa penting yang berkaitan dengan KMP selamat tahun 2015. Dan berikut ini kami sajikan kembali ringkasan persitiwa-peristiwa apa saja yang terjadi sebagai refleksi akhir tahun blogkmp dalam "Kaleidoskop Akhir Tahun Blogkmp 2015"

Januari 2015

Roni Ketua Umum KMP 2015-2018

Awal tahun 2015 perjalanan KMP diawali dengan Musyawarah Kerja yang dilaksanakan pada tgl 10-11 Januari 2015. Hasil Musker tersebut menetapkan Ahmad Yusroni Nugraha sebagai ketua umum KMP periode 2015-2018 menggantikan ketua sebelumnya, Muhammad Budi Setiawan. Pergantian kepengurusan ini sekaligus merupakan pergantian kepengurusan harian pertama yang terjadi tepat pada waktunya (sesuai masa jabatan). (Baca : Ahmad Yusroni Nugraha Ketua Umum KMP Periode 2015-2018)

Musyker KMP Bentuk Divisi Informasi

Salah satu hasil Musker KMP Januari 2015 adalah dengan dibentuknya Divisi Informasi yang dikoordinatori oleh Annisa Salsabila. Divisi Informasi ini dibentuk sebagai bidang yang membawahi berbagai media resmi KMP seperti BlogKMP, Fokus, Facebook, Twitter, dan Instagram. Dengan adanya Divisi Informasi ini diharapkan media-media informasi milik KMP dapat lebih terkoordinir serta terus memberi manfaat baik bagi KMP sendiri maupun bagi umat. (Baca : Blogkmp Sambut Baik Dibentuknya Divisi Informasi)

Kabar Duka

15 Januari 2015 keluarga besar Masjid Perak mendapat kabar duka. Hj. Siti Sa'adah Rosyidi istri dari Prof. HM. Rosyidi (Menteri Agama Pertama RI) tutup usia. Beliau adalah salah satu donatur dalam pembangunan kembali Masjid Perak pasca gempa Jogja 2006 lalu. Jenazahnya kemudian disemayamkan dan dishalatkan di Masjid Perak sebelum dimakamkan di Makam Darakan. (Baca : Keluarga Muhammadiyah Kotagede Antar Pemakaman Hj. Sa'adah Rosyidi)

Pertama Kalinya Dalam Sejarah KMP Susun AD ART

Masih di bulan Januari 2015. Untuk yang pertama kalinya dalam sejarah, Komariyah Masjid Perak menyusun Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) sebagai pedoman baku organisasi remaja masjid ini. Meskipun usia KMP sudah terbilang tua, namun sebelumnya KMP tidak pernah memiliki AD ART yang mengatur dasar organisasi seperti status keanggotaan, aturan masa jabatan kepengurusan, garis besar visi mis, dan sebagainya. (Baca : Sebagai Pedoman Organisasi, KMP Susun AD-ART)


Februari 2015

KMP Jalin Kerjasama Dengan Annuha Purbayan

Menginjak bulan kedua tahun 2015, KMP memperkuat kerjasama dengan remaja masjid lain di Kotagede. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan pengajian bersama antara KMP dan Annuha Purbayan pada 14 Februari 2015 di Masjid Perak. Pengajian yang dihadiri seratusan peserta usia remaja dan anak dari dua masjid yang terpisah jarak ini diikuti dengan ikrar untuk senantiasa saling menguatkan ukhuwah diantara keduanya. (Baca : Pengajian Bersama KMP - Annuha: Merajut Ukhuwah Menebar Dakwah)

Pelantikan Pengurus KMP Periode 2015-2018

Di penghujung Februari 2015, tepatnya tanggal 27 Februari 2015, Takmir Masjid Perak secara resmi melantik kepengurusan Komariyah Masjid Perak periode 2015-2018 hasil Musker Januari 2015. Pelantikan dilangsungkan secara sederhana di hadapan jama'ah Masjid Perak dengan pembacaan ikrar yang dipimpin oleh Ketua Takmir, Bapak Suherman WS. Pelantikan juga diikuti dengan penandatanganan AD-ART KMP oleh Ketua Takmir, Bapak Kamali Anwar dan Ketua KMP Ahmad Yusroni Nugraha. (Baca : Pengurus KMP Periode 2015-2018 Resmi Dilantik)


Maret 2015

Yogi Jatmikanto Wakil Ketua Bidang LHKP PDPM Kota Jogja

Salah satu senior KMP, Yogi Jatmikanto mendapat amanah menjabat Wakil Ketua Bidang LHKP PDPM Kota Jogja. Hal ini merupakan bukti bahwa KMP sampai saat ini masih konsisten untuk terlibat aktif dalam ortom-ortom Muhammadiyah, baik ditingkat ranting, cabang, daerah, maupun wilayah. (Baca : Yogi Jatmikanto Wakil Ketua Bidang LHKP PDPM Kota Jogja)


April 2015

Blogkmp Bukan Media Fitnah

Bulan April 2015 blogkmp sempat mendapat tudingan tidak sedap terkait pemberitaan kontroversial kisruh kontingen PC PM Kotagede pada event Muswil PW PM DIY. Pasca pemberitaan tersebut, blogkmp sempat disamakan dengan media-media penyebar hasutan dan fitnah. Melihat situasi tersebut pimred blogkmp memberikan klarifikasi serta penjelasan bahwa blogkmp dalam menyampaikan pemberitaan sudah berusaha untuk mewakili dua sisi supaya kabar kekisruhan Muswil tersebut tidak berkembang menjadi fitnah dan menyudutkan salah satu pihak. Blogkmp secara tegas menolak disamakan dengan media penyebar fitnah. (Baca : Disamakan Dengan Jonru, Blogkmp Akhirnya Angkat Bicara)


Mei 2015

Kader KMP Pegang Posisi Penting PC PM Kotagede

KMP kembali menunjukkan konsistensinya dalam perjuangan amar ma'ruf nahi munkar melalui Muhammadiyah. Dibuktikan dengan turut terlibatnya sejumlah kader KMP di kepengurusan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kotagede periode 2014-2018. Dari total 46 nama yang tercatat dalam kepengurusan PC PM Kotagede, 10 diantaranya dari KMP, yang menempati berbagai posisi dan bidang. (Baca : Kader KMP Pegang Posisi Penting PC PM Kotagede)


November 2015

Karate Masjid Perak Ukir Prestasi

Karate Masjid Perak membuktikan tekadnya untuk melahirkan bibit atlet cabang olahraga karate baru dan bukan sekedar menjadi kegiatan pengisi waktu luang. Prestasi perdana tim Inkado Masjid Perak ini diukir pada event Kejuaraan Daerah Inkado DIY-Jateng yang digelar pada 8 November 2015. Meskipun tampil tanpa dukungan supporter, Inkado Masjid Perak yang mengirim 3 atlet bertanding di 3 nomor berbeda tersebut berhasil membawa pulang 2 gelar juara 1 dan 1 gelar juara 2. (Baca : Kejurda Inkado DIY-Jateng : Masjid Perak Bawa Pulang 2 Emas 1 Perak)


Desember 2015

Outbond Liburan KMP 2015

Memanfaatkan momen libur sekolah dan hari libur peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW, KMP mengadakan outbond yang diikuti oleh para santri, remaja, pengasuh, mantan pengasuh (alumni), dan wali santri di desa wisata Pulesari, Wonokerto, Turi, Sleman. Beragam game seru diikuti penuh antusias oleh semua peserta, dan tentu saja atraksi utama menjelajah sungai yang mengalir diantara kebun-kebun salak yang sedang berbuah. (Baca : Manfaatkan Liburan, KMP Kuatkan Kekompakan Dengan Outbond)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon