Tips Cara Mudah Menghafal Al Qur'an

12:23 PM
blogkmp.net - Salah satu dari sekian banyak keistimewaan Al Qur'an adalah satu-satunya kitab suci yang dihafalkan banyak manusia. Meskipun Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab, dan dituliskan dalam mushaf menggunakan huruf Arab, namun Qur'an tetap mampu dihafal oleh sekian banyak umat Muslim dari berbagai bangsa di dunia yang kebanyakan tidak berbahasa Arab dengan sangat detil.

Menghafal Al Qur'an ternyata bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, hingga orang jompo yang seringkali dianggap sudah pikun pun mampu menghafal Qur'an.

Seperti dikisahkan oleh Syaikh Wahid Abdussalam Bali, ada di sebuah Masjid khusus wanita di suatu daerah, seorang ukhti mengumpulkan para jama'ah yang berusia antara 50-60 tahun, dan mereka ini buta huruf. Diceritakan ukhti tersebut memperdengarkan bacaan Qur'an dan mengulang-ulang bacaan diikuti oleh para jama'ah. Pertemuan ini dilangsungkan rutin seminggu sekali dengan hafalan yang secara bertahap terus ditambah.

Setelah sekian waktu kemudian diadakan perlombaan, menakjubkan, yang menjadi pemenang dalam lomba hafalan tersebut adalah seorang ibu berusia 62 tahun yang tidak bisa baca tulis, ia berhasil menghafal sampai 28 juz pada saat itu.

Demikian juga banyaknya hafidz Qur'an yang masih berusia sangat muda, bisa kita lihat di televisi dari program Hafidz Qur'an yang disiarkan, peserta lomba adalah anak-anak yang masih kecil namun hafalan dan bacaannya sangat baik, masya Allah.

Lalu bagaimana cara supaya kita bisa menghafal Qur'an lebih mudah?

Syaikh Wahid Abdussalam Bali, seorang pakar pengobatan penyakit akibat gangguan jin atau sihir (ruqyah) memberikan tips menghafal Qur'an sebagai berikut :

Pertama,

Luruskan niat karena Allah. Niatkan menghafal Qur'an hanya untuk Allah semata, supaya kita termasuk orang-orang yang dicintai-Nya, supaya Qur'an dapat memberi syafa'at dan menaungi kita di hari kiamat, bukan untuk ujub atau pamer.

Kedua,

Menghafal dari satu cetakan mushaf Qur'an. Qur'an telah dicetak dalam berbagai versi, meskipun isinya tidak ada yang berbeda satu sama lain, semua sama, namun bentuk cetakannya bisa berbeda. Untuk memudahkan kita mengingat dan menghafal, gunakan Qur'an dari satu cetakan saja.

Ketiga,

Menghafal dengan talaqqi  dari qori' yang ahli. Setorkan hafalan kepada qori' yang ahli, imam masjid, teman, atau siapa saja. Setorkan hafalan walau hanya 3 ayat saja supaya tidak memberatkan kita.

Keempat,

Menghafal setelah Shubuh. Shubuh adalah waktu yang sangat baik dan penuh berkah. Rasulullah berdoa kepada Allah, "Ya Allah, limpahkanlah berkah kepada umatku pada waktu paginya". Pada saat itu pikiran kita lebih fresh sehingga hafalan akan lebih mudah diingat. Anda bisa menghafal di rumah, atau ikut bergabung dalam kegiatan tahfidz Angkatan Muda Muhammadiyah yang dilaksanakan setiap hari ba'da Shubuh di Masjid Perak. Kegiatan ini terbuka untuk umum.

Kelima,

Meminimalkan yang dihafal. Tidak usah memasang target jumlah hafalan yang tinggi setiap harinya, cukuplah menghafal 3 atau 5 ayat saja setiap hari namun terus diulang-ulang. Perbuatan yang sedikit tapi terus berlanjut dan berkesinambungan tentu lebih baik dari pada perbuatan banyak tapi kemudian terputus.

Keenam, 

Membaca hafalan di setiap Shalat. Kunci menghafal adalah dengan perulangan yang terus dilakukan. Salah satunya bisa diamalkan ketika Shalat baik Shalat wajib maupun Sunnah. Ulangi baca ayat-ayat yang sudah dihafal dalam setiap Shalat yang dikerjakan secara terus menerus.

Ketujuh,

Muraja'ah atau mengulangi hafalan yang telah lalu. Jika hari ini kita menghafal 3 ayat, kemudian setorkan 3 ayat tersebut, hari berikutnya tambahkan 3 ayat selanjutnya, kemudian setorkan 3 ayat kemarin dan 3 ayat yang dihafal hari ini, sehingga total setoran hari ini 6 ayat, begitu juga keesokannya lagi, setoran bertambah menjadi 9 ayat dan terus bertambah setiap hari. Ulangi hafalan kemarin dan tambahkan dengan hafalan hari ini.

Kedelapan,

Luangkan waktu sepekan untuk mengulangi hafalan setelah 1 juz. Gunakan 1 hari dalam sepekan khusus untuk mengulang hafalan yang sudah kita peroleh sebanyak 2 kali.

Kesembilan, 

Kurangi makan, berbicara, dan tidur. Atur jadwal sebaik mungkin untuk makan, dan tidur, juga kurangi berbicara hal-hal yang tidak penting. Manfaatkan waktu dan kesempatan sebaik mungkin untuk terus mengulang dan menambah hafalan.

Kesepuluh,

Berdoa. Berdoa memohon kemudahan dari Allah dalam kita menghafal Qur'an. Karena kita tidak akan bisa hafal Al-Qur'an kecuali dengan taufiq (pertolongan dan anugerah Allah).

Luruskan niat dan teruslah berusaha menghafal Al Qur'an sebagai wujud kita mencintai kitab Allah ini sekaligus dalam upaya menjaga Qur'an dari upaya pemalsuan yang beberapa kali terjadi.

Selama bulan Ramadhan ini, Angkatan Muda Muhammadiyah melaksanakan program tahfidz Qur'an setiap pagi ba'da Shubuh di Masjid Perak Kotagede. Kegiatan ini bersifat terbuka, baik putra maupun putri semua boleh ikut, berapa pun usianya. Bagi yang tinggal jauh dari Masjid Perak, Shalat Shubuh bisa dilakukan di masjid terdekat dengan rumah baru kemudian bergabung di Masjid Perak Kotagede.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon