Putus Asa? Obat Hati Itu Qiyamul Lail

9:36 AM
blogkmp.net - Setiap manusia pasti tidak lepas dari ujian, cobaan dan masalah. Beratnya masalah dan ujian yang dihadapi sering membuat kita merasa begitu lemah, galau, putus asa, seolah semua sudah berakhir, sudah tertutup segala kesempatan, bahkan lebih buruk sebagian orang yang merasa tidak kuat justru lari ke hal-hal yang terlarang sebagai pelampiasan. na'udzubillah.

Ketika kita merasa sedang berada di titik terendah dalam hidup kita, ketika semua terasa begitu berat, yakini bahwa Allah itu Maha Besar, bagi-Nya dunia dan alam semesta ini bukan apa-apa, sangat kecil, sehingga segala masalah besar yang menghimpit kita di dunia sangat tidak sebanding dengan Kebesaran Allah.

Teman terbaik untuk menyampaikan segala keluh kesah, rasa takut, khawatir, was-was, tidak berdaya hanyalah Allah.

Sepertiga malam ketika sebagian besar orang sedang terlelap tidur adalah waktu terbaik untuk kita datang menemuiNya dengan shalat malam.

Ambil air wudhu, kerjakan shalat dua rakaat dua rakaat diikuti shalat witir dengan jumlah rakaat ganjil.

Diantara shalat tersebut, ditengah suasana malam yang benar-benar hening, kita sampaikan segala keluh kesah, dan segala masalah serta harapan yang kita miliki.

Perbanyak Istighfar, mohonkan ampunan padaNya atas segala dosa yang telah kita perbuat, sebutkan semua dosa yang pernah kita lakukan sebanyak yang mampu kita ingat dengan bersungguh-sungguh disertai rasa penyesalan yang dalam serta berjanji tidak mengulangi lagi.

Allah Maha Pengampun, seberapa pun kotor dan besar dosa yang pernah kita perbuat, Allah akan selalu memberi kesempatan kepada kita untuk kembali kepadaNya, mengampuni dosa-dosa kita baik yang besar maupun kecil lalu tidak mempedulikannya. Mohonkan ampunan dengan bersungguh-sungguh. Mohonkan perlindungan atas akibat dari perbuatan dosa yang telah kita perbuat serta mohon dijauhkan dari segala godaan syaitan.

Allah Maha Kaya, seberapa pun besar hutang yang menghimpit, seberapa pun gelap pandangan kita karena himpitan hutang serta kebutuhan tersebut, mohonkan padaNya supaya kita diberi rizki yang lapang dan barokah.

Allah Maha Perkasa, Maha Pengasih, Maha Penyayang, mohonkan perlindungan dari segala ancaman, dari segala fitnah, dari segala kesulitan di dunia, dari segala putus asa, mohonkan kekuatan untuk menghadapi segala ujian.

Sampaikan semua yang membebani hati dan pikiran kita. Allah Maha Besar, apa pun tekanan dan kesulitan yang kita rasakan tidak ada artinya bagi Allah. Jangan berputus asa!

Setelah shalat, sempurnakan dengan Tadarus Al-Qur'an supaya hati kita menjadi lebih tenang, tenteram, serta membuka pikiran kita.

Bagaimana jika kita takut tidak bisa bangun malam untuk melaksanakan shalat malam?

Kita bisa melaksanakan shalat malam tadi sebelum kita tidur meskipun yang lebih afdhol adalah pada sepertiga malam setelah kita tidur terlebih dahulu.

Seberapa pun berat cobaan yang kita hadapi, seberapa pun besar hutang yang menghimpit, seberapa pun kejahatan fitnah yang kita alami, sekelam apa pun dosa yang telah kita perbuat, yakinlah bahwa Allah tidak pernah sedikit pun meninggalkan kita.

Allah selalu memberi kesempatan seluas-luasnya selama manusia masih bernafas untuk kembali ke jalanNya. Allah akan memberi ampunan serta kemudahan bagi mereka yang bersungguh-sungguh berusaha serta menyerahkan segalanya pada takdir Allah yang terbaik.

Semoga kita berada diantara orang-orang yang selalu menghidupkan malam dengan beribadah, shalat sunnah, tadarus, belajar agama, serta dengan berbagai amal baik lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon