Muhammadiyah Harus Mampu Mewarnai Budaya Dengan Nilai Islam

9:51 AM
blogkmp.net - Agama dan budaya selama ini terkesan sebagai dua hal berbeda yang selalu berlawanan dan tidak dapat berjalan beriringan.

Di satu sisi budaya juga merupakan cara ampuh untuk menghancurkan keimanan. 

Sedikit demi sedikit kita dijejali dengan pemutar balikan fakta dimana hal-hal buruk dianggap wajar sementara gencar berita di media yang menampakkan Islam sebagai agama yang penuh dengan kekerasan, diskriminasi, serta keterbelakangan.

Demikian materi kajian yang disampaikan oleh Ustadz Drs.H.Abdul Qudus Z, M.Pd I pada acara Kajian Keislaman yang diadakan oleh Majelis Tabligh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kotagede di Masjid Perak Kotagede, Senin (16/3/2015) malam.

Ustadz Abdul Qudus menambahkan, umat Islam hendaknya dapat memahami Islam sebagai agama  amaliyah bukan hanya sebatas simbolik semata. Umat Islam harus mampu membedakan bagian mana yang merupakan syari'at dan bagian mana yang merupakan produk budaya arab.

Hendaknya umat Islam mampu berbaur dan memberi warna Islami pada budaya yang ada di lingkungan dengan tetap berpegang teguh pada prinsip syari'at Islam.

Kajian Keislaman ini merupakan salah satu program kegiatan dakwah Pimpinan Cabang Muhammadiyah bekerja sama dengan Takmir Masjid Perak yang diadakan rutin pada Senin malam tiap 2 minggu sekali di Masjid Perak.

Kajian ini bersifat umum dan boleh diikuti oleh siapa saja.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon