Komapala Camping di Pantai Ngeden, Gunungkidul

1:09 PM
Blogkmp.net - Gunungkidul mempunyai banyak pantai-pantai indah dengan hamparan pasir putihnya. Selain pantai yang saat ini sudah sangat terkenal seperti Indrayanti, Sundak dan Baron, masih ada banyak pantai yang belum terkenal dan masih tersembunyi. Salah satunya adalah Pantai Ngeden di Desa Ngloro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Pantai ini masih sangat baru karena peresmiannya baru dilakukan pada 28 Januari 2015 lalu. Jadi saat ini juga belum dikenai biaya retribusi. Hanya biaya parkir saja sebesar Rp 2.000,-.

Pantai Ngeden, Saptosari, Gunungkidul
Sabtu (31/1/2015) 5 anggota Komariyah Pecinta Alam (Komapala) yaitu Roni, Aldi, Wawan, Razan, dan Fahmi camping ke pantai Ngeden ini. Komapala berangkat dari Masjid Perak pada pukul 3 sore. Meski sebelum berangkat sudah diguyur hujan, namun tak membuat semangat kami surut. Bermodal semangat dan juga sudah terlanjur sewa tenda ya kami harus tetap berangkat. hehe.

Komapala berangkat menggunakan sepeda motor melalui rute Imogiri-Siluk Panggang-Saptosari. Jalan dari Kotagede sampai ke Saptosari sudah mulus. Namun, ketika sudah masuk ke jalan desa menuju pantai, jalan sudah mulai banyak yang rusak dan masih berbatu.

Kami baru sampai ke Pantai Ngeden pukul 5 sore karena dijalan sempat beberapa kali berhenti mampir di toko, SPBU dan angkringan. Sampai di Pantai Ngeden hujan masih mengguyur cukup deras. Sehingga kami menunggu hujan sedikit reda di Gazebo yang sudah ada di Pantai Ngeden ini. Karena disini juga sering digunakan untuk mancing, jadi ada tempat penitipan sepeda motor dan toilet meski airnya tidak banyak. Biaya parkir Rp 2.000,- dan toilet juga Rp 2.000,-

Karena tempat camping yang bagus agak jauh dari penitipan sepeda motor, maka kami melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Kami harus melewati hamparan rumput, semak serta naik-turun bukit. Sekitar 15 menit kami harus berjalan kaki dan barulah Komapala menemukan tempat camping yang tepat. Hari sudah mulai gelap, tim Komapala bergegas mendirikan tenda karena hujan gerimis masih menemani kami.
Setelah melaksanakan sholat magrib dan isya, Alhamdulillah cuaca pun menjadi cerah. Awan mendung perlahan menjauh dan sinar bulan datang menemani. Membuat kami bisa bermain diluar tenda dan menikmati indahnya malam. Malam harinya tidak ada orang lain selain tim Komapala ditempat ini. jadi benar-benar sepi dan serasa milik sendiri banget. hehe. Namun paginya para pemancing mulai datang menemani kami.

Meski tidak bisa menikmati sunset karena mendung, namun pagi harinya kami bisa menikmati sunrise yang sangat indah.

Hari mulai siang, pukul 07.00 wib. Tim Komapala waktunya bongkar tenda, beres-beres dan bersih-bersih area camping. Pecinta alam itu harus menjaga kebersihan alam, tidak peduli sampah siapa itu, yang terpenting adalah alam kita terjaga kebersihannya.

Sebelum pulang kami juga menyempatkan bermain air di Pantai Ngeden. Masa ke pantai ga nyentuh air. hehe. Karena belum ada toilet dengan persediaan air yang mencukupi, kami diperjalanan pulang mencari masjid untuk mandi. Setelah mandi dan sekalian mampir warung makan, Minggu siang (1/2/2015) akhirnya tim Komapala kembali ke Kotagede. Sampai jumpa diperjalanan kami selanjutnya. Liburan Yuk!!!