Inilah 6 Kegiatan KMP Yang Bisa Kalian Ikuti

11:40 AM
Blogkmp.net - Komariyah Masjid Perak (KMP) adalah pengajian anak-anak tertua kedua di Kotagede. KMP terus berusaha meneruskan perjuangannya dalam menghidupi Masjid Perak. Tidak hanya didalam bulan Ramadhan dan terlihat di takbiran saja. Namun KMP juga terus berusaha dengan segenap jiwa untuk hidup diluar bulan ramadhan dengan berbagai kegiatannya. Kegiatan KMP tidak hanya yang bersifat keagamaan saja. Namun juga kegiatan yang bisa menambah ilmu pengetahuan umum, olahraga dan seni. Inilah kegiatan KMP yang bisa kalian semua ikuti:

1.) Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA)
TPA menjadi awal dari kelahiran KMP ditahun 1950-an. Karena nama Komariyah sendiri berasal nama Abdullah Komari. Beliau adalah guru ngaji untuk anak-anak di lingkungan Masjid Perak Kotagede masa itu. TPA KMP sampai saat ini masih aktif setiap hari Rabu dan Sabtu. Waktunya dari Magrib s.d. Isya bertempat di Serambi Masjid Perak. TPA KMP ditujukan untuk anak-anak usia dini sampai dengan SMP. TPA KMP terus berusaha hidup karena memang dibutuhkan. Menfasilitasi secara gratis untuk anak-anak diwilayah Masjid Perak Kotagede yang tidak mendapat pendidikan TPA secara formal.

2.) Tadarus Rutin Khusus Remaja
Setiap Rabu malam, Pengurus KMP mengadakan tadarus rutin. Tadarus rutin Malem Kemisan KMP ini sudah ada sejak 20 tahun yang lalu. Tadarus ini terbuka bagi siapa saja remaja yang ingin belajar dan tadarus bersama. Biasanya tadarus rutin dimulai pukul 20.30 WIB.

3.) Beladiri Karate
Sejak 2012 lalu, kegiatan beladiri Karate di KMP diaktifkan kembali. Secara resmi Karate KMP (Inkado Dojo Masjid Perak) juga telah tercatat sebagai ranting dibawah Inkado Cabang Kota Jogja. Karate KMP terbuka untuk masyarakat umum, minimal kelas 3 SMP. Anggota Karate KMP saat ini juga tidak hanya dari intern KMP saja. Namun juga banyak dari remaja disekitar wilayah Kotagede yang ingin belajar Karate.

4.) Komunitas Sepeda KRG Kotagede
KRG Kotagede lahir pada 9 Agustus 2009. KRG bersepeda pada minggu pagi, KRG juga terbuka bagi siapa saja yang ingin ikutan bersepeda. Tidak peduli siapa dan apa sepedanya. Yang terpenting kebersamaan untuk menikmati minggu pagi tanpa polusi. Biasanya setiap bersepeda KRG memiliki tujuan untuk dikunjungi, misalnya wisata candi, wisata alam dan apapun tempat yang masih menyisakan Jogja Berhati Nyaman. 

5.) Belajar Jurnalistik dan Menjadi Blogger
Blogkmp.net menjadi ajang belajar dari anak KMP untuk belajar menulis dan menjadi blogger. Situs resmi milik KMP ini juga tidak hanya memberitakan tentang KMP saja. Namun juga berita-berita yang ada di Kotagede yang selama ini kurang dalam publikasinya.

6.) Komariyah Pecinta Alam (Komapala)
Bagi teman-teman yang suka camping atau mendaki gunung bisa bergabung dengan Komapala. Komapala setiap tahunnya mengadakan pendakian gunung. Saat ini Komapala telah berhasil mengibarkan bendera KMP diatas puncak Merbabu dan Gunung Prau, Dieng. Selain mendaki gunung, Komapala juga camping dipinggir pantai. Terakhir ini Komapala juga camping di Pantai Ngeden, Gunungkidul. (Baca : Komapala Camping Di Pantai Ngeden, Gunungkidul)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon