Hari Gini Online Cuma Update Status Galau???

1:00 PM
Masih ingat dengan kasus yang menimpa Florence, mahasiswa S2 Universitas ternama di Jogja yang beberapa waktu lalu menjadi bulan-bulanan di media sosial terkait statusnya yang melecehkan warga Jogja? Belum lagi sengitnya perang media yang dilakukan oleh masing-masing tim sukses dan pendukung capres pada pemilu kemarin yang ternyata benar-benar memberi andil pada hasil pemilu kemarin.

Internet sebagai media komunikasi dan penyebaran informasi yang saat ini semakin akrab dan dekat dengan kita memiliki peranan dan pengaruh penting dalam berbagai aspek kehidupan kita seperti contoh kasus-kasus di atas. Saat ini hampir semua orang terhubung dengan internet, baik melalui laptop, komputer, di warnet, atau bahkan melalui ponsel yang selalu kita bawa kemana-mana, belum lagi jaringan wifi yang tersedia hampir di setiap penjuru kota.

Seperti dua sisi mata uang, internet memiliki sisi baik dan buruk, tergantung bagaimana kita memanfaatkannya. Sebagai media yang terbuka, kita memiliki kebebasan sebesar-besarnya dalam menggunakan media informasi ini. Penggunaan yang salah dapat memberikan dampak negatif bagi penggunanya, namun sebaliknya jika kita jeli memanfaatkannya maka banyak hal positif yang bisa kita dapatkan.

Seperti kasus Flo, kecerobohannya dalam  meluapkan emosi di media sosial justru malah memperburuk keadaan. Flo merupakan satu dari sekian banyak pengguna internet yang masih kurang bijak dalam memanfaatkan media ini. Media sosial digunakan sebagai tempat untuk mencurahkan emosi, pamer galau, memaki orang lain, berbagi foto maupun informasi yang tidak seharusnya dibagikan ke publik dan sebagainya.

Berbeda dengan kasus Flo, penggunaan internet secara tepat dapat memberi dampak positif, seperti pada contoh pemilu pilpres kemarin dimana terjadi perang media yang sangat sengit diantara dua kubu, situs-situs web, jejaring sosial, semua dipenuhi dengan kampanye sang capres, dengan teknik dan strategi yang pas maka hasil yang didapat pun akan positif.

Internet juga merupakan tempat bertanya tercepat. Kita dapat memperoleh informasi apapun yang kita butuhkan semudah mengetikkan kata kunci di situs pencari seperti Google. Tugas sekolah, kuliah, maupun informasi umum dapat dengan mudah kita peroleh tanpa harus repot-repot mencari di banyak buku.

Pemanfaatan internet untuk dakwah sudah dapat dilihat dengan banyaknya lembaga dakwah yang menjadikan internet sebagai sarana menyampaikan ajaran Islam dan ilmu agama kepada pembaca yang cakupannya jauh lebih luas dibandingkan melalui dakwah reguler seperti pengajian-pengajian, dll.

Banyak media online yang dapat kita manfaatkan untuk tujuan positif seperti saling bertukar informasi, komunikasi dengan teman atau saudara yang terpisah jarak jauh, dakwah, bahkan internet juga memberikan kesempatan kepada kita untuk dapat mempromosikan produk atau usaha kita dengan murah dan dengan cakupan jangkauan yang sangat luas.

Ada banyak fasilitas yang dapat kita gunakan untuk bersosialisasi secara online, menyebarkan informasi dan promosi dengan cepat dan gratis melalui facebook, twitter, path, instagram, blogspot, tumblr, dan sebagainya. Seperti efek bola salju, dengan terhubungnya setiap orang melalui internet maka informasi menarik yang kita bagikan bukan tidak mungkin akan kembali disebarkan oleh orang lain. Semakin banyak yang menyebarkan maka semakin banyak yang dapat mengakses tanpa terkendala oleh jarak.

Namun saat ini masih banyak pengguna yang belum mampu memaksimalkan internet untuk hal-hal yang menguntungkan dan bermanfaat. Internet masih sebatas digunakan sebagai media hiburan dan bersenang-senang. Entah itu hanya sebatas bermain game, pamer foto, pamer status galau, menghabiskan waktu untuk berkomunikasi dengan orang lain yang tidak bermanfaat, atau bahkan mencari konten yang tidak baik.

Sebagai anak muda  yang hidup di era informasi seperti saat ini, dimana informasi dapat dengan mudah dan cepat tersebar dari satu orang ke orang lain, dari satu situs ke situs lain semestinya kita bisa membuka mata dan melihat potensi besar yang bisa kita manfaatkan dari adanya media internet ini.

Sebaliknya kita juga dituntut untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan internet, jangan membagikan informasi pribadi yang tidak semestinya menjadi konsumsi publik karena jika informasi tersebut jatuh ke tangan yang salah maka segala kemungkinan buruk bisa terjadi. Sudah banyak orang yang menjadi korban akibat kelalaiannya tersebut namun sayangnya hingga saat ini kesadaran untuk berhati-hati tersebut masih saja kurang.

Jadi dari pada mengumbar aib dan kesusahan serta galau ke publik yang hanya akan membuat citra diri kita menjadi buruk, kenapa tidak kita manfaatkan kemudahan penyebaran informasi yang ditawarkan oleh internet untuk hal-hal yang lebih menguntungkan? Sudah banyak orang yang sukses menjadi jutawan atau maju usahanya dengan bermodal koneksi internet.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Komentar:

Write Komentar
April 26, 2017 at 10:20 AM delete

yup menarik, agree with artikel ini, sebagai pengguna internet di era konvergensi media, banyak peluang untuk meningkatkan prestasi melalui internet. Sosial media yang banyak menawarkan perlomnbaan untuk diikuti juga menarik lho.. daripada pnya alat bwt galau gak jelas, hehe.. yg suka sastra bisa nulis karyanya trus dikirim deh kemedia, yg bisa desain boleh juga tuh ikut lomba desain logo internasional.. kalau menang kan bisa nambah daftar kejuaraan dan bisa membanggakan orang tua, selain mendapatkan money dlm bentuk dolar tentu.a.. :)

Reply
avatar

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon