Sarasehan KMP "Mengembangkan Potensi Bersama KMP"

6:29 PM
Sarasehan KMP "Mengembangkan Potensi Bersama KMP"
Blogkmp.net - Usai syawalan keluarga besar Komariyah Masjid Perak, agenda Pengurus KMP dilanjutkan dengan Sarasehan. Yaitu pada Jumat (1 Agustus 2014) jam 23.00 WIB di Halaman SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Sarasehan diikuti oleh Semua pengurus, baik dari Dewan Penasehat KMP, Pengurus Harian dan beberapa anggota baru pengurus KMP. Acara ini bertujuan agar terjalin keakraban, komunikasi serta silaturahmi yang baik ditubuh kepengurusan KMP. Sarasehan dibuka oleh Ketua Umum KMP Muhammad Budi Setiawan dan kemudian pada sesi dialog dipimpin oleh Dewan Penasehat KMP, Ahmad Yasir Ginanjar Mukti.

Dalam dialog ini, Pengurus KMP mengangkat potensi yang terdapat dilingkungan Masjid Perak, terutama bagi kaum muda yang merupakan ujung tombak di masyarakat. Potensi yang diangkat bermacam-macam, mulai dari potensi dibidang agama yang merupakan modal penting dalam mencapai kebahagiaan didunia dan diakhirat. Potensi sesuai minat dan bakat yang mampu mengasah keahlian dan keterampilan kita sehingga suatu saat dapat bermanfaat. Serta pembelajaran berorganisasi di KMP. Beberapa hal penting dalam Sarasehan KMP kemaren sebagai berikut:

1. Kembali ke Masjid, Jangan Lupa Sholat dan Tadarus
Sebagai remaja masjid jangan sampai kader KMP lupa sholat dan tadarus. Sholat adalah kewajiban dan kebutuhan kita sebagai hambah Allah. Dimana saja dan kapan saja, sholat itu jangan sampai lupa. Bila kita sedang dirumah, sebagai anggota KMP diharapkan menyempatkan untuk sholat berjamaah di Masjid Perak.

Selain sholat, hendaklah kita juga selalu bertadarus di masjid maupun dirumah. KMP mengadakan TPA untuk anak-anak setiap Rabu dan Sabtu setelah sholat magrib sampai isya, dan tadarus rutin khusus remaja KMP setiap Rabu malam di Masjdi Perak yang dimulai pukul 20,00 WIB. Kita boleh memiliki kesibukan apa saja dan bergaul dengan siapa saja. Namun sempatkanlah ikut tadarus bersama di KMP.Tadarus bersama di KMP sangat bermanfaat. Meski hanya semakan, namun dengan kita lakukan secara rutin bisa memperbaiki kualitas tadarus kita, seperti lebih lancar membaca dan sedikit-sedikit memperbaiki tajwidnya.

2. Belajar Berorganisasi di KMP
Semua Pengasuh KMP adalah pengurus Komariyah Masjid Perak, baik pengurus baru yang masuk di panitia Ramadhan, ataupun pengurus Harian. bahkan dewan penasehat KMP juga merupakan anggota aktif KMP yang masih diharapkan kiprahnya di KMP. Semua memiliki hak dan kewajiban yang sama. Besok pada Desember 2014, semua pengurus KMP kembali melaksanakan Musyawarah Kerja (Musker) untuk memilih Ketua Umum dan menyusun kepengurusan yang baru untuk 3 tahun kedepan. Serta menyusun program kerja yang akan dilaksanakan Komariyah Masjid Perak.

KMP adalah sebuah organisasi kecil, namun di organisasi yang kecil ini kita mampu belajar sebuah ilmu yang luar biasa. di KMP kita belajar menjadi ketua, sekretaris dan sebagainya. Semua itu penting, misalnya di sekretaris kita bisa belajar menata administrasi. KMP adalah media pembelajaran keorganisasian yang baik. KMP adalah tempat belajar keorganisasian yang baik, banyak orang-orang besar yang masa kecilnya dari KMP, seperti M Ali Fahmi (Wakil Ketua DPRD Kota Jogja). Selain itu juga ada beberapa nama lainnya seperti Ahmad Noor Arief (Pendiri Dagadu Djogdja), H Bahrun Nawawi (Tokoh Kotagede), H Kamali Anwar dan masih banyak lagi yang lainnya.

KMP bisa dibilang menjadi media perkaderan Muhammadiyah yang baik, karena banyak kader-kader KMP yang bergabung dengan Angkatan Muda Muhammadiyah seperti di Brosur Lebaran, PPHQ, dan Dakwah. Di Organisasi Otonom Muhammadiyah pun juga ada, baik di Pemuda Muhammadiyah Kotagede, Nasyiatul Aiyah Kotagede, dan PM-NA Ranting Prenggan.

3. Menggarap Potensi Kader KMP Sesuai Minat dan Bakat
Selain menjadi tempat untuk sholat, ngaji dan menimba ilmu agama, KMP dan Masjid Perak bisa menjadi tempat kita untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian kita. Banyak hal yang bisa dilakukan disini. KMP memiliki banyak potensi dan kesempatan yang besar. Saat ini sudah ada Karate, TPA dan Tadarus, mungkin bisa saja besok ada bimbingan belajar bahasa inggris. Dari sini segalanya mungkin. anak-anak KMP itu memiliki kreatifitas yang tinggi, tinggal bagaimana bisa mengeluarkannya menjadi suatu nafas yang positif di lingkungan KMP.

banyak hal yang bisa dilaksanakan disini. Potensi apa yang bisa kita lakukan? misalnya seperti kemarin, mas Fahmi bisa menyablon dan kemudian mengadakan pelatihan menyablon. bisa saja kemudian teruskan program tersebut dengan membuka jasa sablon, sehingga keuntungan bisa bermanfaat bagi kesejahteraan anggota dan KMP itu sendiri. Takmir Masjid Perak mendukung sepenuhnya kegiatan yang diadakan KMP, asalkan kegiatan tersebut positif. Untuk masalah anggaran Takmir juga telah mengalokasikan setiap tahunnya untuk KMP.

Jadi, 3 hal pokok dialog pada sarasehan KMP kemaren yaitu dengan bersama-sama menghidupi KMP kita akan mendapatkan banyak hal. Yaitu bisa belajar ilmu agama, melatih kemampuan berorganisasi dengan baik dan meningkatkan potensi kemampuan diri sesuai dengan minat dan bakat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon