Napak Tilas Jalur Rahasia Pantai Jungwok

2:22 PM
Menghabiskan sisa hari libur lebaran, KMP mengadakan touring motor dengan tujuan ke obwis Pantai di Gunungkidul. Pemilihan tujuan ini berdasar pertimbangan jarak yang tidak terlalu jauh, juga karena pantai di Gunungkidul memiliki daya tarik keindahan yang berbeda dengan pantai-pantai di Bantul atau Kulonprogo. Pasir putihnya, batu-batu karangnya nan eksotis, juga ombaknya yang relatif lebih aman. Dan sebagai objek pilihan adalah pantai Jungwok.

Pantai Jungwok terletak di sebelah timur pantai Wediombo, tepatnya di desa Girisubo, Gunungkidul. Pantai ini belum lama dibuka, bahkan 2-3 tahun yang lalu pantai ini masih tertutup, akses jalan satu-satunya melalui area persawahan dan bukit-bukit kecil dari pantai Wediombo.

rombongan touring KMP saat masih di perjalanan
Rombongan yang terdiri 12 orang berangkat pada pukul 10.00 pagi menggunakan 6 sepeda motor berboncengan. Melalui jalur Patuk yang ramai lancar perjalanan berlangsung mulus. Kemacetan mulai meningkat mendekati pintu masuk panti Baron, Krakal, Kukup, Sundak, dll. Terlihat mobil dan motor wisatawan dari dalam dan luar Jogja mengular hingga sepanjang 1 KM lebih.
Setelah menempuh kurang lebih 3 jam perjalanan dan berjibaku dengan padatnya trafik jalur pantai-pantai, akhirnya kami tiba di pantai Wediombo sebagai destinasi pertama kami, sebenarnya dari sini sudah dibuka jalur menuju pantai Jungwok, tapi kami memilih melalui jalur rahasia dari pantai Wediombo, sambil merasakan pengalaman mengunjungi private beach.


Tiba di pantai Jungwok terlihat sudah lumayan banyak perubahan, sudah ada tempat parkir, kamar mandi umum, warung-warung, dan pengunjung yang lumayan ramai walau relatif masih lebih sepi dari pada Wediombo.

Seperti pantai di Gunungkidul lainnya, pantai Jungwok berpasir putih dan dihiasi batu-batu karang. Terdapat batu karang besar pada beberapa puluh meter di lepas pantai yang menjadi pemecah ombak, sehingga ombak di tepi cenderung lebih kecil dan aman untuk pengunjung dapat bermain air.

Bagi yang ingin menikmati berkemah di pantai, Jungwok juga bisa menjadi salah satu alternatif lokasi, dengan pantai yang agak menghadap ke timur dan bukit di sebelah baratnya, maka kita bisa menikmati sunrise pada bulan-bulan tertentu.

Berjalan dari Wediombo



Ke Jungwok melalui jalur rahasia lho..
Bermain air di pantai Jungwok
menjelang senja, ketika tim KMP hendak mau pulang

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon