Marhaban Yaa Ramadhaan, Bersama Keluarga KMP

9:00 AM
Blogkmp.net - Bulan Suci Ramadhan tinggal 2 minggu lagi. Persiapan pengurus Komariyah Masjid Perak semakin gencar. KMP Mulai menyiapkan banyak hal untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini. Seperti penggalangan donatur, menyusun program acara, jadwal petugas imam jaburan, serta kesiapan tempat untuk sholat tarweh anak-anak KMP. Seperti tahun sebelumnya. Tempat tarweh untuk Bapak-bapak/Ibu-ibu di Masjid Perak. Sedangkan untuk remaja dan anak-anak KMP berada di Joglo (Komariyahan) Timur Masjid Perak. Tempat tarweh untuk orang tua dan anak-anak memang setiap tahunnya dipisah. Hal ini dilakukan agar orangtua bisa lebih khusuk untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan. Sedangkan untuk anak-anak bisa diisi dengan hal-hal yang bersifat edukasi namun juga menghibur.


Persiapan KMP saat ini sudah hampir selesai. Seperti pembentukan pengurus, penyusunan program kegiatan, proposal serta penggalangan dana. Dalam dua minggu ini mungkin akan ada pertemuan-pertemuan guna membahas progres, serta persiapan lapangan seperti kerjabakti menyiapkan tempat tarweh dan hal-hal teknis lainnya. 

Pada bulan Ramadhan, KMP memiliki banyak agenda yang ditujukan untuk anak-anak. Seperti halnya acara menjelang buka puasa (takjilan), Sholat Tarweh berjamaah, Acara setelah tarweh yang biasanya diisi game, dongeng, dan hiburan lainnya. Tadarus malam untuk remaja KMP, serta latihan takbiran guna menyongsong malam takbiran.

KMP biasanya mengadakan pengajian menjelang buka puasa (takjilan). Namun tidak harus pengajian, terkadang juga diisi game-game yang seru. Dongeng dari ustadz ataupun diisi TPA. Pengajian sebelum buka puasa KMP mungkin seperti acara setelah sholat tarweh. ada lomba, game, dongeng dan sebagainya. kegiatan ini untuk menunggu waktu buka puasa, sehingga anak-anak lebih terhibur dengan acara dan tidak mengganggu orangtua dalam mengikuti pengajian menjelang puasa di Masjid. Ketika sudah memasuki waktu berbuka, anak-anak bisa mengambil minum yang telah disediakan Takmir masjid, dan kemudian menjalankan sholat magrib bersama-sama di Masjd Perak. Setelah itu baru menyantap makanan yang telah disediakan.

Menjelang Isya, anak-anak KMP datang lagi ke Joglo (Komariyahan) untuk menunaikan sholat Isya dan tarweh. Sholat tarweh KMP dipisah dengan orangtua, sehingga orang tua bisa lebih khusuk untuk sholat. Imam untuk sholat isya KMP juga dari para pengasuh/remaja KMP yang sudah dianggap mampu untuk menjadi imam. Setelah sholat tarweh kita adakan acara kecil untuk seperti dongeng, lomba, game dan masih banyak lagi. Ada lomba bermain permainan papan, menyusun puzzle, bermain tic tac toe, minum coklat panas. dan masih banyak lagi. tujuan dari acara ini untuk edukasi, hiburan, serta mengisi waktu bagi anak-anak yang menunggu orangtuanya yang masih menjalankan ibadah sholat tarweh.

Mendekati Idul Fitri, anak-anak KMP akan disibukkan dengan persiapan untuk menghadapi lomba takbir keliling yang diadakan oleh Sie Pawai AMM Kotagede. Persiapan ini meliputi persiapan kostum, lampion, dan gerakan takbir. Persiapan ini yang menjadi menyemangat untuk menghadapi lomba takbiran yang bisa dikatakan merupakan gong-nya dalam kegiatan selama bulan Ramadhan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon