Din Syamsuddin Resmikan Masjid Perak Kotagede

5:08 PM
penandatanganan prasasti peresmian masjid perak
Masjid Perak Diresmikan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Kamis (31/01/2013). Hadir didampingi ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta dr. H. Agus Taufiqurrahman, M.Kes.,Sp.S. Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. H. M. Din Syamsuddin memberi tausiyah singkat dan secara simbolik meresmikan Masjid Perak Kotagede.


Juga hadir dalam acara peresmian tersebut perwakilan pengurus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pimpinan Cabang 'Aisyiyah (PCA) Kotagede, Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Kotagede, Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) se-Kotagede dan Pimpinan Ranting 'Aisyiyah (PRA) Prenggan, Muspika Kotagede, guru dan karyawan SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta, para donatur, dan jama'ah Masjid Perak umumnya.

peresmian masjid perak oleh din syamsuddin
Dalam sambutannya, Ketua Takmir Masjid Perak H. Kamali Anwar mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para donatur yang sudah memberikan donasi untuk pelaksanaan rekonstruksi dan renovasi total masjid ini, juga kepada semua pihak yang sudah memberikan sumbangan tenaga maupun pikiran. 

Mengenai desain arsitektur bangunan Masjid Perak yang baru, H. Suherman WS selaku ketua panitia pembangunan mengatakan bahwa rekonstruksi total yang dilakukan terhadap salah satu masjid tertua di Kotagede ini tetap mempertahankan beberapa ciri bangunan aslinya. Sementara itu Drs. Kaharudin Noor juga menjelaskan bahwa riwayat Masjid Perak tidak lepas dari sejarah perkembangan Islam dan dakwah Muhammadiyah di Kotagede pada waktu itu.

peresmian masjid perak
Prof. Din Syamsuddin dalam tausyiahnya menyampaikan bahwa selayaknya peran masjid tidak hanya berhenti sebagai tempat pelaksanaan ibadah mahdhah saja, namun juga dapat digunakan sebagai tempat melaksanakan berbagai kegiatan sosial (hablumminannas), seperti halnya ketika zaman Rasulullah menggunakan masjid sebagai tempat mengatur strategi perang, dll. Tiidak hanya itu, bahwa peran masjid adalah juga sebagai pencerah bagi umat dengan berbagai kegiatan dakwahnya.

Acara peresmian juga diisi dengan hiburan dari kelompok karawitan Madya Laras Sekar Mentaok binaan PCM Kotagede dan diakhiri dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. H. M. Din Syamsuddin dengan disaksikan oleh Takmir, panitia pembangunan, dan seluruh tamu undangan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon