Melaksanakan Amanah Dengan Rasa Cinta

10:39 AM

Senin, 10 Desember 2012 Dawaairus Syubbanil Muhammadiyah (DSM) atau Korps Remaja Masjid Muhammadiyah Se-Kota Yogyakarta mengadakan pengajian dan silaturahmi di Masjid Sebelas Maret, Jalan Glagahsari Umbulharjo. Acara tersebut dihadiri oleh pengurus DSM dan Remaja Masjid Sebelas Maret. Acara dimulai pukul 20.00 WIB.

Ustadz Harpan Nursitadhi selaku pemateri menjelaskan tentang apa itu amanah? Dan mengajak kita untuk mau mengemban amanah dan sangguh untuk diberi amanah. Amanah adalah tanggungjawab, kepercayaan dan suatu hal yang diberikan kepada orang lain untuk dijaga, dilaksanakan, maupun disampaikan kepada orang lain. Semua di hidup ini pasti diberi banyak amanah. Amanah tidak hanya dari orang lain, tapi juga dari Allah dan diri kita sendiri. Amanah dari Allah yaitu kita sebagai makhluk ciptaan untuk beribadah dan menjaga bumi ini, Amanah diri sendiri adalah bagaimana kita bisa memelihara diri kita, tidak terjerumus keburukan. Amanah dari orang lain salah satunya aladaha dari orang tua, seperti kewajiban belajar dan menuntut ilmu. Melaksanakan amanah dengan cinta yaitu melaksanakan amanah dengan senang hati, ikhlas, sabar dan penuh dengan tanggung jawab. Karena amanah yang diberikan kepada kita itu sebenarnya adalah bentuk kepercayaan orang lain kepada kita. Maka dari itu kita tidak boleh mengkhianati amanah yang diberikan kepada kita.

                Dalam acara tersebut juga diadakan silaturahmi dan sharing-sharing antara pengurus DSM dan Remaja Masjid Sebelas Maret. Apa saja masalah yang dihadapi remaja-remaja masjid saat ini, tidak hanya untuk Remaja Masjid Sebelas Maret, tapi juga untuk masjid-masjid yang lain. Memang masalahnya adalah masalah SDM-nya. Dengan solusi yaitu memberikan pendekatan yang bagus, tidak terlalu formal, tapi kita ajak untuk bermain dulu seperti futsal dan touring, sehingga ada keakraban dan kenyamanan. Jika sudah nyaman, pasti semua akan mudah untuk diajak kerjasama.

                Untuk pengajian selanjutnya direncanakan akan dilaksanakan di Masjid Perak Kotagede, yaitu sekitar minggu kedua bulan Januari, hari senin (14/1/2013). Jadwal ini dirubah yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal (24/12/2012), karena dari pihak remaja masjid perak akan mengikuti lomba Jambore Anak Sholeh (Jas) yang diselenggarakan oleh Fokopa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon