Ibadah Sunnah Malam Jum'at?

9:25 PM
Setiap menjelang malam Jum'at, sering kali kita mendengar guyonan orang mengenai Sunnah Rasul yang diidentikkan dengan hubungan antara suami-istri. Benarkah ada dalil tentang ini atau sebenarnya ibadah apakah yang memiliki nilai lebih jika dikerjakan pada malam Jum'at?

Hari Jum'at adalah hari yang oleh Allah SWT dijadikan sebagai hari yang istimewa dan memiliki nilai keutamaan yang lebih bagi umat Islam, di dalamnya terdapat banyak peristiwa penting mulai dari diciptakannya Nabi Adam sampai hari terjadinya kiamat.

Mengenai Sunnah berhubungan intim bagi suami istri di malam Jum'at, kami belum menemukan dalil sahih yang membahas mengenai itu, namun ada amalan lain yang memiliki keutamaan dan nilai lebih jika dilaksanakan di antara waktu terbenam matahari di hari Kamis sampai terbenam matahari di hari Jum'at, salah satunya yaitu tadarus membaca surat Al-Kahfi.

Dalil

Dari Abu Sa'id al-Khudri radliyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq." (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu 'anhu, "Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at." (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)

Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

Dari beberapa riwayat di atas, bahwa ganjaran yang disiapkan bagi orang yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada siang harinya akan diberikan cahaya (disinari). Dan cahaya ini diberikan pada hari kiamat, yang memanjang dari bawah kedua telapak kakinya sampai ke langit. Dan hal ini menunjukkan panjangnya jarak cahaya yang diberikan kepadanya

Balasan kedua bagi orang yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at berupa ampunan dosa antara dua Jum’at. Dan boleh jadi inilah maksud dari disinari di antara dua Jum’at.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon