Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012

4:04 PM
GBP 28 Nov 2012 (Sumber: astro.ukho.gov.uk/eclipse).
Insya Allah malam nanti akan terjadi satu peristiwa alam yang juga merupakan tanda kekuasaan Allah yakni gerhana bulan penumbra. Gerhana bulan ini sekaligus gerhana terakhir yang terjadi di tahun 2012. Peristiwa gerhana bulan penumbra terjadi ketika bulan masuk ke penumbra bumi, berbeda dengan gerhana bulan total maupun sebagian yang lazim kita ketahui, pada gerhana bulan kali ini tidak akan terlihat jelas karena tidak ada bayangan hitam yang menutupi bulan baik sebagian maupun sepenuhnya. Efek dari gerhana bulan penumbra ini adalah cahaya bulan purnama yang akan tampak lebih redup dari pada biasanya.

Gerhana ini akan berlangsung mulai pukul 19.14 WIB dan berakhir pada pukul 23.51 WIB. Bulan berada di langit timur dengan ketinggian sekitar 20 derajat. Seluruh wilayah Indonesia dapat menyaksikan fenomena ini dari awal hingga selesai.

Terkait dengan peristiwa alam tersebut maka malam ini di Masjid Perak Insya Allah akan diadakan shalat sunnah gerhana berjama'ah yang akan dimulai pada pukul 20.00 wib. Selain shalat gerhana, amalan sunnah yang utama dilaksanakan ketika terjadi peristiwa alam gerhana baik gerhana bulan atau matahari adalah bersedekah/shodaqoh.

Untuk itu mari jangan kita sia-siakan kesempatan ini untuk melaksanakan amalan dulu juga dijalankan dan dianjurkan untuk dilaksanakan oleh nabi Muhammad SAW. (Baca: Hukum Dan Keutamaan Shalat Gerhana)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon