Pentingnya Pendidikan Akhlak Sejak Dini

2:45 PM
Kondisi remaja saat ini sungguh memprihatinkan, mereka menjauhi lingkungan masjid yang membuat jauh dari norma dan ajaran-ajaran islam. Mayoritas dari remaja saat ini lebih memilih bergaul dengan teman-teman dalam suasana yang lepas dan bebas. Dan terkadang dari pergaulan itu menjurus kearah yang justru melampaui batas-batas norma dan ajaran-ajaran agama.  Kurang perhatian dari berbagai pihak membuat hal-hal tersebut tidak dapat dijauhkan dari kondisi remaja yang dimana pada masa remaja adalah masa dalam mencari jati diri, ingin hidup bebas, dan apa yang diinginkan (masa-masa labil).


Ada beberapa pihak yang sekiranya harus peduli dalam masalah ini, antara lain adalah Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Keluarga memiliki hal yang sangat penting dalam menentukan kepribadian seorang anak, dalam ilmu sosiologi keluarga adalah primary group (kelompok primer / dasar ) dari seorang anak. Hubungan diantaranya sangat erat, murni dan memiliki hubungan batin yang cukup besar. Sejak dini seharusnya anak diajarkan pendidikan moral dan akhlak sehingga dapat menentukan dan membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.  

Menurut Ketua PCM Kotagede Drs. H. Kaharudin Noor dalam khotbah jum’at di masjid perak beberapa minggu yang lalu, beberapa hal penting dalam pembentukan karakter seseorang adalah sebagai berikut :

  • Suri Tauladan, sesungguhnya contoh adalah hal yang penting dalam menumbuhkan karakter seseorang, karena anak cenderung mencontoh hal yang dilakukan oleh orangtuanya atau orang yang dikiranya lebih tua. Anak tidak akan menurut dengan apa yang diserukan atau dinasehatkan kepadanya tanpa ada contoh atau teladan kepadanya. Contoh : anak sulit untuk datang ke masjid jika orangtuanya saja tidak pernah datang kemasjid.
  • Kebiasaan, Orang itu bisa karena biasa, dibiasakan sejak dini hal yang baik-baik dan tidak menganggap dosa-dosa dan perilaku buruk suatu hal yang wajar karena dari yang kecil itu akan menjadi besar. Jadi biasakannya hal yang baik dari kecil seperti tidak berbohong dan biasakannya sholat.
  • Nasehat, setelah memberi suri tauladan dan membiasakan hal-hal yang baik, maka yang harus dilakukan adalah menasehati, menasehati dengan penuh bijaksana adalah hal yang terbaik.
  • Hukuman, hukuman juga perlu dilakukan agar hal-hal yang buruk itu tidak diulangi lagi.


Remaja islam saat ini sudah mengalami degradasi moral, hanya beberapa saja yang masih mau datang kemasjid. Padahal masjid sangat membutuhkan remaja sebagai generasi untuk memakmurkannya. Maka dari itu semua kalangan harus peduli kepada remaja dan anak-anak sehingga mereka tidak terjerumus dalam hal-hal yang kurang baik. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon