Select Menu

Favourite

KMP News

Umum

Dakwah

» » » Hukum Membunuh Menurut Islam


Komariyah MP 4:15 PM 0

Kamis (24 Mei 2012), Pemuda Muhammadiyah Kotagede yang bekerjasama dengan Komariyah Masjid Perak (KMP) kembali mengadakan kajian islam yang bertempat di masjid perak. Dalam kesempatan kali ini Ustad Ulin Nuha mengangkat tema tentang qishas. Dalam islam, pembunuh diancam hukuman qishas demi memelihara keamanan, ketentraman dan keselamatan jiwa. Bagi siapa saja yang membunuh seseorang dengan sengaja, maka hukumannya adalah hukuman mati. Namun apabila pihak keluarga korban telah memaafkan, maka pembunuh diberi sanksi denda, yaitu membayar 100 ekor Onta. Maka, tidak semudah itu kita dapat membunuh orang lain, karena hukumannya sangat berat.


Allah sangat membenci perbuatan membunuh, Seperti firman Allah SWT dalam QS. An-Nisaa’ ayat 93. Yang artinya : “Dan barang siapa yang membunuh seorang yang beriman dengan sengaja, maka balasannya ialah neraka jahanam, dan kekal didalamnya. Allah murka kepadanya, dan melaknatnya serta menyediakan azab yang besar baginya.”

Membunuh di bedakan menjadi 3, yaitu:
  • Membunuh secara sengaja, yaitu dengan jelas membunuh. Misal, seseorang berniat membunuh orang lain, membawa pedang dan terbunuhnya orang lain. Maka itu disebut membunuh dengan sengaja. Membunuh seperti ini yang dapat di hukum qishosh.
  • Membunuh seperti disengaja, yaitu sebenarnya kita tidak berniat membunuh (hanya sekedar melukai), namun karena alatnya yang mampu membunuh, maka terbunuhnya orang lain. Misal, seseorang memukuli seseorang dengan tongkat, namun tidak sadar sampai meninggal.
  • Membunuh tidak disengaja, yaitu salah sasaran atau kecelakaan. Misal, seseorang akan menembak burung, namun malah mengenai orang lain, dan akhirnya meninggal.


Maka dari itu, jauhilah perbuatan membunuh, perkecil peluang terjadinya pembunuhan dengan :
-Membiasakan bersilaturahmi
-Menahan Amarah
-Berbuah Adil
-Memaafkan Kesalahan
-Memperbanyak perbuatan kebajikan

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post
Comments
0 Comments

No comments

Leave a Reply

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini.