Koalisi Penyelamat Pengajian Anak-Anak Kotagede

12:10 AM
Berangkat dari keprihatinan atas matinya gerakan pengajian anak-anak di Kotagede di luar bulan Ramadhan, sejumlah pengajian anak-anak bergabung ke dalam Koalisi Penyelamat Pengajian Anak-Anak Kotagede (bukan nama resmi), adalah Al Manaar, PAMA, KMP, dan Remaja Masjid Wiworotomo Wirokerten yang menjadi anggota awal koalisi ini.

Gerakan ini bermula dari hubungan silaturahmi antara KMP dan Al Manaar, dimana Al Manaar pernah melakukan studi banding ke KMP, kemudian kerjasama ini berkembang dengan diadakannya tadarus bersama antar dua organisasi remaja masjid dan pengajian anak-anak ini dengan tempat yang berpindah-pindah (saling mengunjungi).



Dari sana kemudian Al Manaar bersama PAMA membentuk perkumpulan (koalisi) ini dengan mengundang KMP serta beberapa pengajian anak-anak lainnya. Hingga pada Rabu malam (26/01/2012) diadakan tadarus bersama antara KMP, Al Manaar, PAMA, dan Remaja Masjid Wiworotomo Wirokerten.

Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk menghidupkan dan meramaikan pengajian anak-anak di Kotagede di luar bulan Ramadhan. Sebenarnya di Kotagede sudah ada forum pengajian anak-anak yang bernama FOKOPA, namun karena dirasa FOKOPA juga kurang greget di luar bulan Ramadhan maka kemudian beberapa pengajian anak-anak ini berkumpul untuk berusaha menjadi pemicu bangkitnya kembali pengajian anak-anak di Kotagede.

Langkah awal gerakan ini adalah dengan mempererat hubungan silaturahmi melalui kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan bersama antar pengajian yang menjadi anggota, kemudian kedepannya akan mencoba merangkul pengajian-pengajian lain untuk bergabung serta membantu pengajian anak-anak lainnya yang diluar bulan Ramadhan kurang atau tidak aktif.

Forum ini juga merupakan media sharing antar anggotanya, sehingga segala macam masalah dan kendala dalam menjalankan, menjaga, dan menghidupkan pengajian anak-anak masing-masing dapat diselesaikan bersama.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Komentar:

Write Komentar
Anonymous
January 29, 2012 at 10:52 AM delete

semangat anak-anak kotagede...

Reply
avatar

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon