Banyak Pihak Menaruh Harapan Besar Dalam Musker Tahun Depan

8:27 PM


Musker KMP akan dilaksanakan tahun depan. Banyak pihak menaruh harapan besar pada musker ini untuk dapat menjalankan roda organisasi dan mempertahankan KMP untuk 3 tahun kedepan. Ketua Umum KMP saat ini Adin Darmawan berharap agar Musker ini bisa sukses, dengan kunci partisipasi kaum muda KMP besar dan mau bekerja sama. “Harapan besar musker ini bisa sukses, dengan kunci partisipasi kaum muda KMP besar.” katanya. Hendriyanto Zaki sebagai orang yang paling senior dan masih aktif membantu di KMP berharap agar pengurus yang terpilih mampu menjalankan program kerja yang telah disusun bersama. Harapan juga muncul dari Bendahara Umum KMP saat ini Yogi Jatmikanto, “Saya berharap agar musker ini mampu memunculkan kader-kader muda baru yang militan untuk meneruskan perjuangan pengurus lama sebelumnya yang dikenal ‘enthengan’, aktif dan selalu ikut serta dalam berbagai kegiatan yang diadakan oleh Muhammadiyah dan Kotagede.


Harapan yang begitu besar mengalir dari berbagai pihak. Namun banyak kendala yang harus dihadapi dalam musker saat ini, antara lain partisipasi pemilik hak suara, dan kemampuan generasi muda penerus estafet kepemimpinan untuk bisa memimpin KMP 3 tahun kedepan, serta kuantitas atau jumlah kader muda KMP yang saat ini sangat minim.
Untuk partisipasi pemilik hak suara saat ini memang sudah sangat sedikit, dikarenakan berbagai hal, dari berbagai kesibukan sekolah, pekerjaan, kuliah dan pergaulan diluar yang mungkin lebih menyenangkan dibanding berkumpul dengan teman-teman di organisasi remaja masjid. Disini panitia harus bisa membujuk, dan sedikit memaksa agar dalam musker ini, pemilik hak suara musker mau meluangkan waktunya di musker ini dan mau ikut berpikir bersama dalam membentuk program kerja 3 tahun kedepan. Zaki berpendapat, “cara yang dilakukan bisa mencontoh pada musker periode yang lalu, yaitu dengan cara ketika memberikan undangan harus bertemu langsung dengan orangnya. Silaturahmi serta sedikit memaksa untuk bisa hadir dalam musker. Dalam hal ini panitia harus mengajak pengurus senior, agar mereka sungkan untuk menolak.” Hal serupa juga di sampaikan oleh Yogi Jatmikanto. “Melihat sampai hari ini gregetnya masih sepi, namun jangan pesimis. Panitia bisa bekerja sama/ megajak Adin Darmawan atau pengurus senior lainnya untuk door to door atau temui orangnya satu persatu.” Adin Darmawan juga sependapat untuk melakukan tindakan jempul bola tersebut.
Banyak pihak juga melihat bahwa masalah untuk sanggup menjalankan roda organisasi untuk 3 tahun kedepan adalah dari segi kuantitas atau jumlah kader untuk mau bekerjasama didalam satu organ/tubuh KMP ini. Adin Darmawan menegaskan bahwa kuantitas bukan menjadi masalah didalam menjalankan KMP ini. “Bukan masalah kuantitas saya rasa, keadaan serupa juga saya alami dulu, dan jumlah pun tidak berubah. Tapi apa kita mau menghabiskan waktu untuk menunggu supaya semua bisa berkumpul? Mau sampai kapan? 10 anggota saja saya kira cukup lebih dari cukup. Seperti kata bung karno : berikanlah aku 10 pemuda, maka akan kuguncang dunia.” Sedangkan dalam masalah ini Zaki berpesan kepada pengurus berikutnya, “ya. Ini adalah tantangan bagi pengurus periode berikutnya, bagaimana kita bisa mengajak teman-teman untuk kembali kemasjid. Mungkin dengan membuat suasana masjid bisa menjadi tempat yang enak untuk nongkrong. Nah dari situ baru masuk ketahapan selanjutnya.”
Dalam Musker ini kemungkinan besar akan ada banyak perubahan, yaitu dari pengurus lama ke pengurus baru yang kebanyakan diisi oleh orang-orang baru. Banyak kalangan mempertanyak kemampuan kader-kader muda KMP saat ini, mampukan mereka menjalankan organisasi remaja masjid tertua nomer 2 di kotagede ini. Adin Darmawan optimis dan percaya kader-kader saat ini mampu meneruskan perjuangan KMP 3 tahun kedepan. “Sebenarnya KMP memiliki kader – kader yang potensial, hanya saja kekompakan dan rasa saling memiliki KMP masih kurang, di tambah lagi rasa percaya diri untuk memimpin KMP. Yogi Jatmikanto juga percaya pada kader-kader muda saat ini untuk memimpin KMP. “Saya rasa mereka memiliki kemampuan untuk itu, bagaimana mereka dirangkul dan di himpun menjadi satu. Pandangan Hendriyanto Zaki juga seragam dengan apa yang dikemukakan oleh Adin dan Yogi. Yaitu KMP memiliki banyak kader yang mumpuni, tinggal bagaimana dimaksimalkan. “Saya rasa banyak kader muda KMP yang memiliki ide-ide kreatif dan siap untuk bekerja keras. Tinggal bagaimana kita bisa memaksimalkan potensi yang ada.”
Adin Darmawan berpesan kepada kaum muda KMP saat ini untuk menjalankan perjuangan KMP berikutnya, dan tidak boleh hanya berpangku tangan untuk ‘njagakke’ pengurus senior, kaum muda adalah mesin penggerak dan KMP butuh ide-ide yang masih fresh. Hendriyanto Zaki juga berpesan agar kaum muda mau bersatu dan bersama berjuang menjalankan KMP, serta jangan ragu mengeluarkan ide-ide yang dimiliki. Yogi Jatmikanto juga berpesan kepada kaum muda untuk berusaha meluangkan waktu untuk KMP walau sekedar dalam forum atau kegiatan kuncung. “dolan o rhono rhene tapi kalo ada forum KMP luangkanlah waktu kalian untuk hadir.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 Komentar

Write Komentar
December 27, 2011 at 10:41 PM delete

Semoga agenda Musker berjalan dengan sukses, dan mampu menggugah generasi2 penerus yang sekarang sedikit tertidur

Semangat buat KMP!!

Reply
avatar
KMP
December 27, 2011 at 10:45 PM delete

Terima kasih mas adin... Tinggal bagaimana kita mau meluangkan sedikit waktu untuk di KMP...

Reply
avatar
January 1, 2012 at 7:22 PM delete

suksess KMP.. tahunbaru semangatbaru..
Barakallah..

Reply
avatar
KMP
January 6, 2012 at 6:09 PM delete

siap... terima kasih untuk dukungannya...

Reply
avatar

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon