Menjelajahi Candi Barong

11:58 PM
Minggu pagi (5/06/2011) Tim Sepeda Komariyah Riang Gembira, kembali melakukan perjalanan sepeda tur candi Jogja untuk yang kesekian kalinya, obyek jelajah kali ini adalah Candi Barong yang letaknya masih dalam kawasan Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Berangkat dari Kotagede melintasi rute arah Candi Abang, kemudian tim meneruskan laju ke arah Timur sampai di jalan Piyungan-Prambanan, perjalanan dilanjutkan dengan mengambil rute ke arah utara (arah Prambanan).

Sempat bingung dengan lokasi Candi Barong karena memang belum ada satupun anggota tim yang pernah ke sana sebelumnya, tim kemudian bertanya kepada warga setempat. Berdasarkan arahan dan petunjuk warga maka tim melanjutkan perjalanan ke arah utara sampai persimpangan dimana bila tim lurus terus ke utara akan tiba di Candi Prambanan, sedangkan bila belok ke arah kanan (timur) adalah arah Candi Boko.

Tim memilih arah Candi Boko, karena petunjuk dari warga mengatakan demikian, masuk ke arah timur kami menemukan persimpangan dengan papan penunjuk arah yang menerangkan arah kek kiri adalah ke Candi Boko, kanan ke Candi Ijo, dan lurus ke Candi Banyunibo. Tim memilih arah lurus (Candi Banyunibo). Dalam perjalanan sama sekali tidak terdapat petunjuk arah Candi Barong atau mungkin kami tidak melihat petunjuk tersebut?

Perjalanan diteruskan mengikuti jalur kearah timur, hingga kami pun tiba di sebuah pertigaan di dalam kampung, karena tim kembali merasa ragu, maka kami kembali bertanya kepada warga kampung setempat, ternyata kami sudah hampir tiba di lokasi tujuan, warga memberi petunjuk kami untuk mengambil arah ke utara sampai menemui tanjakan, dan menurut warga jalan menuju Candi Barong tidak dapat ditempuh dengan sepeda karena merupakan jalan setapak, kami pun mengikuti arahan dari warga dan melanjutkan perjalanan.

Hanya sekitar beberapa puluh meter dari tempat kami bertanya tadi, kami sudah tiba di tanjakan yang dimaksud, warga sekitar kemudian menyarankan kami untuk menitipkan sepeda di salah satu rumah warga, mengikuti saran warga, kemudian sepeda kami titipkan dan perjalanan kami lanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak mendaki bukit.

Tentang Candi Barong
Candi barong merupakan candi peninggalan agama Hindu yang terletak di Dusun Candisari, Bokoharjo, Prambanan. Disebut Candi Barong karena terdapat hiasan kala di relung tubuh candi yang tampak seperti Barong.

Berbeda dengan candi-candi lainnya di Jawa Tengah, Candi Barong merupakan bangunan punden berundak, yaitu model bangunan suci pada masa prahindu. Candi ini terdiri atas teras bersusun tiga, makin ke atas main sempit. Luas teras pertama adalah 90 x 63 m2, sedangkan teras kedua adalah 50 x 50 m2. Dilihat dari letak tangga naik dari teras ke terasnya, candi Hindu ini menghadap ke barat. Di pertengahan sisi barat terdapat tangga naik dari teras pertama ke teras kedua setinggi sekitar 4 m dengan lebar 3 m.
Teras ketiga, yang berukuran 25 x 38 m2, terletak 5 m dari permukaan teras kedua, dan dapat dicapai melalui tangga selebar 3,2 m. Tangga tersebut dilengkapi dengan pipi tangga di kiri-kanannya. Di pangkal tangga terdapat hiasan menyerupai 'ukel' yang sudah tidak jelas bentuknya. Di kiri dan kanan dinding pipi tangga terdapat hiasan berupa daun kalpataru yang sebagian sudah rusak. Di puncak tangga terdapat gerbang beratap (gapura paduraksa) menuju ke pelataran teras ketiga. Di atas ambang gapura terdapat hiasan Kalamakara.

(Sumber Info Tentang Candi Barong : http://candi.pnri.go.id/jawa_tengah_yogyakarta/barong/barong.htm)