KMP dan Kawan-Kawan di Candi Banyunibo

9:19 AM



KMP Riang gembira pada kegiatan sepeda kali cukup meriah, yaitu pada minggu (24/4/2011). Kemeriahan dirasakan karena pasukan bersepeda cukup banyak, dari KMP saja sudah 11 orang, padahal biasanya Cuma sekitar 7 orang, belum lagi ditambah dari pasukan koalisi dari Pemuda Sendok Indah Kotagede.





Tujuan Kali ini sebenarnya adalah candi banyunibo yang terletak tidak jauh dari Candi Ratu Boko, atau sebelah timur dari Kota Jogjakarta. Namun karena jalan yang ditempuh sampai tujuan melewati beberapa objek yang cukup menarik akhirnya kami juga menyambangi Candi Abang dan Gua Jepang. Candi Abang sendiri terletak di Dusun Candiabang, Kelurahan Jogotirto, Kecamatan Berbah Sleman, Yogyakarta. Sedangkan Gua Jepang terletak tidak jauh dari Candi Abang dan hanya beberapa ratus meter saja, yaitu di Blambangan Nogotirto Berbah Sleman. Candi Abang dan Gua Jepang Sendiri pernah kita datangi pada tanggal (21/11/2010), dan juga pernah di tulis di blog ini.

Setelah kedua objek itu kita langsung menuju ke Candi Banyunibo yang menjadi tujuan utama kita. Singkat saja tentang Candi Banyunibo yang juga saya ketahui dari Wikipedia.

Candi Banyunibo, dalam bahasa jawa banyu adalah air, dan nibo/tibo adalah jatuh. Jadi Banyunibo adalah air yang jatuh. Candi ini dibangun pada abad ke-9 pada jaman kerajaan mataram kuno, dibagian puncak terdapat stupa yang menjadi cirri khas dari candi budha.

Keadaan dari candi ini terlihat masih cukup kokoh dan utuh dengan ukiran relief kala-makara dan bentuk relief lainnya yang masih nampak sangat jelas. Candi yang mempunyai bagian ruangan tengah ini pertama kali ditemukan dan diperbaiki kembali pada tahun 1940-an, dan sekarang berada di tengah wilayah persawahan.


Setelah puas melihat candi Banyunibo dan istirahat, akhirnya kami memutuskan untuk kembali pulang. Dan sebelum itu kami makan dulu. Untuk artikel ini cukup sampai sini dulu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon