KMP Juara Umum Takbir Keliling AMM 1431 H/2010 M

1:11 AM
Kembali Pengajian Anak-anak Komariyah Masjid Perak Kotagede berhasil merebut trofi juara umum lomba pawai takbiran yang diadakan oleh Angkatan Muda Muhammadiyah Kotagede pada Kamis malam (9 September 2010).



Sudah menjadi tradisi di Kotagede bahwa setiap malam takbiran selalu diadakan lomba dan pawai Takbir keliling melintasi rute sepanjang jalan protokol Kotagede. Pawai dan Lomba ini diadakan oleh Angkatan Muda Muhammadiyah Kotagede dan diikuti oleh perwakilan dari masing-masing Masjid dan Musholla yang ada di wilayah Kotagede dan sekitarnya. Lomba pawai takbir keliling kali ini mengangkat tema 'Gema Syiar Dalam Takbir'. Lomba pawai takbir keliling ini dibagi kedalam dua kategori, yaitu kategori drumband dan kategori musik kreatif, dengan jumlah peserta tahun ini sejumlah 28 Tim.





Sedangkan untuk Komariyah Masjid Perak (KMP) sendiri pada pawai takbir keliling ini mengangkat tema 'Akulturasi Budaya Dalam Islam'. Tema ini sengaja diangkat oleh Komariyah Masjid Perak dengan tujuan untuk mengingatkan kembali pentingnya menjaga semangat Ukhuwah Islamiyah diantara kaum muslim di seluruh dunia tanpa membedakan suku, bangsa, warna kulit, budaya dan tradisi, daerah, serta madzhab yang ada. Hal ini sesuai dengan Agama Islam yang diturunkan sebagai Agama Rahmatan lil Alamin, atau agama yang menjadi rahmat bagi alam semesta.





Dalam memperkuat tema dan untuk mempertegas makna serta maksud yang ingin disampaikan, maka Komariyah Masjid Perak menampilkan perpaduan antara beberapa budaya, yaitu : Jawa, Padang, dan China, lengkap dengan kostum dan segala assesoris yang menjadi ciri khas masing-masing budaya tersebut. KMP juga membuat dua lampion besar yaitu lampion Naga sebagai perwakilan dari budaya China yang menggambarkan semangat yang membara yang tumbuh di hati setiap Muslim umumnya dan Keluarga besar KMP khususnya, serta satu lampion berwujud miniatur Masjid Perak yang saat ini sedang mengalami pembangunan kembali dengan desain baru yang lebih modern tetapi tidak meninggalkan ciri bangunan lama.





Untuk Kategori Lomba, tahun ini tampil sebagai salah satu peserta lomba kategori musik kreatif. Sesuai dengan kategorinya, maka KMP menampilkan atraksi musik pengiring Takbir dengan menggunakan alat-alat seadanya mulai dari ember cat, galon air mineral, botol syrup bekas, hingga kaleng bekas wadah kue kering yang di susun sedemikian rupa sehingga mampu menampilkan keindahan yang unik serta berbeda dari yang lain.





Akhirnya buah perjuangan dan kerja keras KMP tidak menjadi sia-sia, atas berkat dan anugerah Allah SWT, Alhamdulillah KMP pada pawai takbir keliling tahun 1431H/2010M ini berhasil menyabet 4(empat) gelar juara sekaligus, yaitu Juara The Best Takbir, Juara 1 Kategori Musik Kreatif, The Most Interactive Group (untuk tim yang mampu berinteraksi paling baik dengan penonton), dan Juara 1 Umum.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 Komentar

Write Komentar
September 15, 2010 at 3:45 AM delete

pertamaxxxx,mantabbbbsss Gans !!!

agung rahayu saja

Reply
avatar
September 15, 2010 at 1:31 PM delete

Terima kasih gan... :D tampaknya kami mendapat kunjungan dari sesepuh KMP,hehehe

Reply
avatar
September 15, 2010 at 2:01 PM delete

niki dereng sepuh, taseh kinyis kinyis jhe! josss, dilanjut gans!

agungpw@ymail.com

Reply
avatar

Tinggalkan komentar ya, supaya kami bisa terus meningkatkan kualitas tulisan dan informasi di blog ini. EmoticonEmoticon